Senin, 27 Agustus 2012

Messi Bawa Barcelona Atasi Osasuna

OSASUNA – Barcelona berhasil menghentikan perlawanan hebat Osasuna. Sempat tertinggal lebih dulu, El Barca menang 2-1 di Estadio Reyno de Navarra berkat dua gol Pemain Terbaik Dunia Lionel Messi.
 
Osasuna merupakan klub yang mengalahkan Blaugrana 3-2 di La Liga musim lalu dan secara tradisi Los Rojillos senantiasa menyulitkan El Barca. Tanda-tanda Los Rojillos bakal menyulitkan Barcelona sudah terlihat saat pertandingan baru berjalan dua menit ketika Victor Valdes dipaksa melakukan penyelamatan dari tendangan Cejudo.
 
Barcelona tak mau kalah, pada menit keempat, tendangan Alexis Sanchez masih tepat mengarah ke pelukan penjaga gawang Osasuna Andres Fernandez. Tekanan Spartan Osasuna membuat runner up La Liga musim lalu tidak nyaman dalam penguasaan bola hingga Andres Iniesta sempat dicuri bolanya pada menit keenam.
 
Pada menit ke-14, tendangan Cristian Tello masih bisa ditepis Fernandez dengan susah payah. Di tengah asyik menyerang, Barcelona justru dikejutkan saat Osasuna berhasil mencuri gol pada menit ke-17.
 
Umpan silang Lamah ke tiang jauh sukses disodok Joseba Llorente dengan kakinya ke gawang Barcelona. Llorente berhasil mendahului Jordi Alba dan membuat Valdes termangu.
 
Barcelona mendapat peluang emas pada menit ke-26 tetapi sayang tendangan Iniesta di muka gawang Osasuna malah melayang jauh ke atas mistar. Iniesta memang bermain buruk di babak pertama karena berkali-kali kehilangan bola dan menyia-nyiakan sejumlah peluang.
 
Lionel Messi sendiri baru mendapatkan peluang pertama pada menit ke-38 tetapi tendangannya hanya membentur samping gawang Osasuna. Pada menit ke-45, Messi kembali mendapat peluang tapi kali ini berhasil digagalkan Fernandez yang langsung mengamankan kembali bola muntah. Osasuna pun unggul 1-0 saat turun minum.
 
Memasuki babak kedua, tekanan Osasuna tidak berkurang. Mereka bertarung dengan amat heroik memperebutkan setiap bola dan jengkal lapangan. Barcelona benar-benar dibuat keteteran hingga menit ke-70.
 
Tercatat tuan rumah mendapat tiga peluang, masing-masing melalui tendangan Sisi memanfaatkan blunder Carles Puyol pada menit ke-63, tendangan Lamah pada menit ke-66, dan Nino pada menit ke-70. Peluang terakhir bahkan termasuk emas karena digagalkan tiang gawang.
 
Nino yang berhasil merebut bola dari Sergio Busquet membuatnya tinggal berhadapan dengan Valdes tapi sayang penyelesaian akhirnya kurang sempurna. Kegagalan ini dimanfaatkan betul oleh Barcelona.
 
Iniesta yang bermain buruk lantas digantikan Xavi pada menit ke-70. Masuknya Xavi membuat permainan Azulgrana lebih hidup.
 
Gol penyama kedudukan akhirnya berhasil dijaringkan pada menit ke-76 melalui Messi. Penetrasi Pedro di sisi kanan berhasil diteruskan Alexis Sanchez kepada Messi yang tanpa kesulitan sukses menjaringkan bola dari jarak dekat.
 
Namun, gol ini berbau kontroversi karena para pemain Osasuna belum siap menyusul pelanggaran yang sebelumnya terjadi di tengah lapangan. Kartu merah pun keluar kepada Punal atas protes kerasnya.
 
Melawan 10 orang, Barcelona berbalik unggul pada menit ke-79 lagi-lagi melalui Pemain Terbaik Dunia tiga kali tersebut. Umpan silang mendatar Alba berhasil diselesaikan dengan manis oleh La Pulga. Keunggulan 2-1 sukses dipertahankan Blaugrana hingga akhir pertandingan
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar