Kamis, 06 Desember 2012

Nascar

Lomba Seri Piala Sprint di Indianapolis Motor Speedway pada 2009National Association for Stock Car Auto Racing (NASCAR) merupakan perusahaan yang dimiliki oleh keluarga dan menyelenggarakan berbagai macam even balapan. Didirikan oleh Bill France Sr. pada 1947-48. Kini, yang memegang jabatan CEO di perusahaan ini adalah cucunya, Brian France. NASCAR merupakan penyelenggara balap mobil terbesar di Amerika Serikat. Tiga seri balapan terbesar NASCAR ialah Seri Piala, Seri Nationwide, dan Seri Truk. NASCAR menyetujui lebih dari 1.500 balapan di 100 trek di 38 negara bagian di Amerika Serikat. Selain itu NASCAR juga menggelar balapan di Kanada, Meksiko dan Eropa. NASCAR juga mengadakan beberapa balapan eksibisi di Suzuka, Jepang. Motegi, Jepang, dan Calder Park Raceway, Australia.
Kantor pusat NASCAR berada di Pantai Daytona, Florida termasuk juga kantor-kantor cabang lainnya di empat kota di negara bagian North Carolina: Charlotte, Mooresville, Concord, dan Conover[4] Kantor regionalnya berada di New York City, Los Angeles, Bentonville. Untuk kantor di luar Amerika terletak di Mexico City dan Toronto.
NASCAR merupakan salah satu dari olahraga yang paling banyak dilihat berdasarkan rating televisi di Amerika Serikat. Faktanya, hanya National Football League-lah yang memiliki banyak penonton dibanding NASCAR. Di luar Amerika, NASCAR disiarkan di lebih dari 150 negara. Pada tahun 2004, direktur keamanan NASCAR menyatakan NASCAR berada di urutan ke-17 dari 20 acara olahraga rutin mingguan yang dihadiri penonton setiap musimnya. Majalah Fortune menyatakan aliran uang sponsorship perusahaan yang mengalir di NASCAR melebihi ajang balapan lainnya seperti Formula Satu atau MotoGP meskipun sejak Serangan 11 September 2001 yang berdampak langsung pada perekonomian di Amerika Serikat, beberapa perusahaan mulai mengurangi kegiatan sponsor mereka di ajang olahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar