Jumat, 07 Desember 2012

Kebiasaan Yang Merusak Otak

Mungkin beberapa dari kamu menganggap hal2 berikut ini tuh hal2 yang sepele. Tapi hati2 lho karena apa yang kamu anggap sepele ternyata bisa merusak otak kamu. Apa aja? cekidot…
Tidak mau sarapan.
Banyak orang menyepelekan sarapan, padahal tidak mengkonsumsi makanan di pagi hari menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Hal ini berakibat pada kurangnya masukan nutrisi pada otak yang akhirnya berakhir pada kemunduran otak.
Kebanyakan makan.
Terlalu banyak makan mengeraskan pembuluh otak yang biasanya menuntun kita pada menurunnya kekuatan mental.
Merokok
Ternyata berakibat sangat mengerikan pada otak kita. Bayangkan, otak kita bisa menyusut dan akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya. Tak ayal diwaktu tua kita rawan Alzheimer.
Terlalu banyak mengkonsumsi gula.
Terlalu banyak asupan gula akan menyebabkan Kekurangan nutrisi dan perkembangan otak terganggu.
Polusi udara.
Otak adalah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama berada di lingkungan dengan udara berpolusi membuat kerja otak tidak efisien
Kurang tidur.
Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Sering melalaikan tidur membuat sel-sel otak justru mati kelelahan.
Menutup kepala ketika sedang tidur.
Tidur dengan kepala yang ditutupi merupakan kebiasaan buruk yang sangat berbahaya karena karbondioksida yang diproduksi selama tidur terkonsentrasi sehingga otak tercemar. Jangan heran kalau lama kelamaan otak menjadi rusak.
Berpikir terlalu keras ketika sedang sakit.
Bekerja keras atau belajar ketika kondisi tubuh sedang tidak fit juga memperparah ketidakefektifan otak
Kurangnya stimulasi otak.
Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak.
Kurang berpikir justru membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal.
Jarang bicara.
Percakapan intelektual biasanya membawa efek bagus pada kerja otak.
Guys, Tuhan memang merancang tubuh kita secara sempurna. Tapi Tuhan juga ingin kita memelihara dan merawat tubuh dan organ tubuh secara baik. Kalo keadaan organ tubuh termasuk otak kita baik, berarti kan kita bisa melakukan hal2 yang sangat bermanfaat untuk banyak orang bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar