Jumat, 07 Desember 2012

John Terry

John George Terry (lahir di Barking, London, Inggris, 7 Desember 1980; umur 31 tahun) adalah seorang pemain sepak bola asal Inggris yang bermain sebagai bek tengah untuk klub Liga Primer Inggris Chelsea.
Terry mengawali karier sebagai pemain akademi West Ham United dan Chelsea. Ia bermain di tim utama Chelsea sejak tahun 1998. Terry pernah dipinjamkan ke Nottingham Forest pada tahun 2000. Ia terpilih sebagai Bek Terbaik Klub UEFA pada tahun 2005, 2008, dan 2009. Ia terpilih juga sebagai anggota Tim Terbaik Dunia versi FIFPro selama empat musim berturut-turut dari 2005 sampai 2008. Terry juga terpilih sebagai satu-satunya pemain Inggris dalam Tim Terbaik Piala Dunia FIFA 2006.
Terry adalah kapten tersukses dalam sejarah Chelsea. Ia berhasil meraih tiga gelar juara Liga Primer Inggris, tiga gelar juara Piala FA, dua gelar juara Piala Liga Inggris, dua gelar juara Community Shield, satu gelar juara Liga Champions UEFA sebagai kapten klub tersebut. Ia adalah satu dari lima pemain yang telah membuat 450 kali penampilan di semua kompetisi untuk Chelsea dan juga bek dengan gol terbanyak untuk klub tersebut. Terry tercatat sebagai kapten klub pertama yang menjuarai Piala FA di Stadion New Wembley pada tahun 2007 dan pemain pertama yang mencetak gol dalam pertandingan internasional saat partai persahabatan Inggris mengghadapi Brasil di stadion tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar